Dinas Komunikasi Informasitka, Statistika, dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan
Jl. Urip Sumoharjo No.269, Makassar, Sulawesi Selatan
12 Nov 2024
Makassar - Dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan SP4N-LAPOR! guna mendorong perbaikan pelayanan publik, maka Pemerintah Kabupaten Barru bekerja sama dengan USAID ERAT menyelenggarakan lokakarya dengan tema Penguatan Admin Utama dan Admin Instansi selaku Pejabat Penghubung SP4N-LAPOR! di Kabupaten Barru, yang dilaksanakan di Hotel Best Western Bonto Lempangan Makassar, Jumat 8/11/2024 lalu.
Lokakarya yang dihadiri oleh beberapa OPD terkait, admin utama dan admin instansi selaku Pejabat Penghubung SP4N LAPOR!, menghadirkan Narasumber antara lain Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat KemenPAN RB, Kepala Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan serta Kepala Dinas Kominfo-SP Provinsi Sulawesi Selatan, yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja Pengeloalaan Data dan E-Gov Bidang Aptika sebagai admin unsur Teknis Aplikasi
PC USAID ERAT dalam sambutannya menyampaikan adanya peningkatan jumlah aduan yang masuk sejak Januari hingga September 2024. Dengan adanya peningkatan jumlah aduan, maka admin SP4N-LAPOR! di masing-masing perangkat daerah juga perlu dikuatkan. Hal ini untuk memastikan aduan yang disampaikan oleh masyarakat dapat ditindak lanjuti. “USAID ERAT menjaga momentum ini untuk terus meningkatkan kemampuan Admin Utama dan Admin Penghubung dengan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dengan menyelenggarakan Lokakarya ini”, ujar H. Sarwan
Sejalan dengan hal tersebut, dalam sambutan Plh. Sekretaris Daerah Kab. Barru, mengemukakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Barru juga sangat mengapresiasi dan memberi dukungan penuh dalam mendorong perkembangan partisipasi masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan ditetapkannya SK Bupati tentang Tim Koordinasi Pengelolaan Pengaduan dan petugas administrator pengelola layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat pada sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional tahun 2023, yang ditindaklanjuti dengan dengan dibentuknya SIMPUL LAPOR! SIPAKAINGE. “Dengan demikian kami harapkan adanya peningkatan perkembangan pemanfaatan SP4N-LAPOR! yang dilakukan oleh masyarakat serta kontribusi Tim SIMPUL LAPOR! dalam mendorong masyarakat untuk proaktif menyampaikan aduan melalui SP4N-LAPOR!”, jelas Andi Syarifuddin
Selanjutnya, Ketua Tim Kerja Pengelolaan Data dan E-Gov Bidang Aptika dalam sambutanya mewakili Plh.Kadis Kominfo-SP Prov. Sulsel menyampaikan Peran provinsi dalam pembimbingan dan pengawasan pelaksanaan SP4N Lapor di pemerintah daerah kabupaten/kota sangat penting untuk memastikan bahwa sistem pengaduan masyarakat ini berjalan dengan efektif dan efisien. SP4N LAPOR! merupakan sistem yang dibangun untuk menerima, mengelola, dan menindaklanjuti laporan atau pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik.
“Beberapa peran provinsi dalam pembimbingan dan pengawasan tersebut antara lain dalam hal Koordinasi dan Pembimbingan Teknis, Pengawasan dan Evaluasi, penyediaan Fasilitas dan Infrastruktur, Pelaporan dan Rekapitulasi, Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah serta Penyelesaian Masalah yang Bersifat Lintas Daerah”, terang A. Paisal.
Pada akhirnya, dengan peran-peran tersebut, provinsi tidak hanya memastikan SP4N LAPOR! berjalan dengan baik di tingkat daerah, tetapi juga mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik dan transparansi di tingkat pemerintah daerah kabupaten/kota.(*)