Tugas Dan Fungsi

publish pada 27 Jan 2020

Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi

 

 

 Tugas dan Fungsi

 

Membantu Gubernur menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang Komunikasi, Informatika, Statistik, Dan Persandian yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Pemerintah Daerah.

 

     Struktur Organisasi

 

  Berdasarkan Peraturan Daerah  No.83 Tahun 2016 tentang Kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata keraserta tata kerja Dinas komunikasi, informatika, statistik, dan persandian provinsi sulawesi selatan tanggal 28 Desember  2016 Susunan Organisasi Dinas, terdiri dari:

 

a.     Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas pokok membantu Gubernur menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang Komunikasi, Informatika, Statistik, Dan Persandian yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Pemerintah Daerah

b.     Sekretaris

Sekretaris yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam mengoordinasikan kegiatan, memberikan pelayanan teknis dan administrasi penyusunan program, pelaporan, umum, kepegawaian, hukum, dan keuangan dalam lingkungan Dinas.

 

(1)   Sub bagian Program dipimpin oleh Kepala Subbagian yang mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam mengumpulkan bahan dan melakukan penyusunan program, penyajian data dan informasi, serta penyusunan laporan.

(2)    Sub bagian Umum, Kepegawaian, Dan Hukum dipimpin oleh Kepala Subbagian yang mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam mengumpulkan bahan dan melakukan urusan ketatausahaan, administrasi pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan barang, urusan rumah tangga serta mengelola administrasi kepegawaian dan hukum.

(3)   Sub bagian Keuangan dipimpin oleh Kepala Subbagian yang mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam mengumpulkan bahan dan melakukan pengelolaan administrasi dan pelaporan keuangan.

 

c.     Bidang Komunikasi Publik

 

Bidang Komunikasi Publik dipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam mengoordinasikan, merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis komunikasi publik.

 

(1)   Seksi Pengelolaan Opini Publik dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Komunikasi Publik dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis pengelolaan opini publik.

(2)   Seksi Pengelolaan Media Komunikasi Publik dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Komunikasi Publik dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis Pengelolaan Media Komunikasi Publik.

(3)   Seksi Infrastruktur Dan Teknologi Komunikasi dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Komunikasi Publik dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis infrastrukur dan teknologi komunikasi.

 

d.   Bidang Informatika

      Bidang Informatika dipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam mengoordinasikan, merumuskan dan melaksanakan          kebijakan teknis Informatika.

(1)   Seksi Layanan Informasi Publik dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Informatika  dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis layanan informasi publik.

(2)   Seksi Pengelolaan Data dan Integrasi Sistem Informasi dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Informatika  dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis pengelolaan data dan integrasi sistem informasi.

(3)   Seksi Sumber Daya Manusia dan Hubungan Kerjasama Antar Lembaga dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Komunikasi Publik dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis sumber daya manusia dan hubungan kerjasama antar lembaga.

 

e.      Bidang Statistik Sektoral

Bidang Statistik Sektoral dipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam mengoordinasikan, merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis statistik sektoral.

 

(1)   Seksi Survey dan Kompilasi Produk Administrasi Statistik Sektoral dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Statistik Sektoral dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis survey dan kompilasi produk administrasi statistik sektoral.

(2)   Seksi Koordinasi dan Kerjasama Statistik Sektoral dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Statistik Sektoral dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis koordinasi dan kerjasama statistik sektoral.

(3)   Seksi Evaluasi dan Analisis, Diseminasi Layanan Statistik Sektoral dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Statistik Sektoral dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis evaluasi dan analisis, diseminasi layanan statistik sektoral.

 

f.      Bidang Persandian.

 

Bidang Persandian dipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam mengoordinasikan, merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis persandian.

 

(1)   Seksi Tata Kelola Persandian dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Persandian dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis tata kelola persandian.

(2)   Seksi Operasional Pengamanan Persandian dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Persandian dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis operasional pengamanan persandian.

(3)   Seksi Pengawasan dan Evaluasi Penyelenggaraan Persandian dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Persandian  melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan persandian.

 

g.  Bidang Layanan e-Government dan Pengelolaan Data

 

Bidang e-Government Dan Pengelolaan Data dipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam mengoordinasikan, merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis e-Government dan pengelolaan data.

 

(1)   Seksi Piranti Lunak dan Pengembangan Aplikasi dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang e-Government dan Pengelolaan Data dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis piranti lunak dan pengembangan aplikasi.

(2)   Seksi Pengelolaan Data Informasi dan e-Government dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang e-Government dan Pengelolaan Data dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis pengelolaan data informasi dan e-Government.

(3)   Seksi Piranti Keras dan Infrastruktur Jaringan dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang e-Government Dan Pengelolaan Data dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis piranti keras dan infrastruktur jaringan.

 

JABATAN FUNGSIONAL

 

(1)   Jabatan Fungsional adalah jabatan fungsional yang telah ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

(2)   Pengangkatan Jabatan Fungsional pada Dinas dilaksanakan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan formasi, serta sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.