Kadis Kominfo Sulsel Terima Kunjungan Komisi III DPRD Luwu

publish pada 05 Mar 2021

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan (Kominfo Sulsel), Amson Padolo menerima kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Luwu di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat, 5 Maret 2021.

Kunjungan tersebut terkait dengan ketersediaan sarana dan prasarana komunikasi untuk mendukung kehidupan masyarakat yang saat ini mulai bergeser ke era digital, khususnya di Kabupaten Luwu.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Luwu, Hasdir, SH, MH menyampaikan bahwa saat ini masih banyak wilayah di Kabupaten Luwu yang belum tersentuh atau tercover sinyal komunikas (blank spot).

"Setelah kami turun ke lapangan, ada beberapa daerah yang jaringan teleponnya kadang masih sering hilang, belum lagi jaringan internet yang masih belum masuk," katanya.

Khusus untuk jaringan internet, sekitar 65% daerah di Kabupaten Luwu masih memiliki akses internet yang buruk, bahkan belum terjangkau internet sama sekali.

"Pendidikan serta potensi bisnis menjadi prioritas bagi kami untuk segera dapat memanfaatkan jaringan internet, di samping itu juga sudah ada beberapa warga yang siap menghibahkan lahannya untuk dibangun fasilitas internet. Untuk itu kami berharap Dinas Kominfo Sulsel dapat memberikan solusi kebutuhan tersebut," harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Amson Padolo menjelaskan bahwa tantangan masyarakat saat ini adalah bagaimana beradaptasi di era digital dan terkait pendidikan anak yang harus tetap berjalan dengan sistem daring di masa pandemi.

"Yang menjadi masalah adalah tidak semua daerah memiliki akses internet. Berdasarkan hasil verifikasi kami, terdapat sekitar 570 titik blank spot di Sulawesi Selatan. Salah satu program Dinas Kominfo Sulsel adalah menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota di seluruh Sulawesi Selatan untuk mengatasi masalah blank spot tersebut", jelasnya.

Terkait dengan masalah blank spot tersebut, Amson Padolo akan berusaha menyampaikan secara langsung kepada provider-provider tersebut untuk dapat difasilitasi.

"Kami akan usahakan, apalagi kami memang sudah ada pertemuan sebelumnya dengan pihak provider-provider terkait masalah blank spot ini. Mungkin kami tinggal mempertegas saja, mudah-mudahan mendapat respon yang baik", tutupnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kabid Humas IKP Dinas Kominfo Sulsel, Amran Aminuddin dan Kabid Aptika Dinas Kominfo Sulsel, Lukmanuddin.