Dinas Komunikasi Informasitka, Statistika, dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan
Jl. Urip Sumoharjo No.269, Makassar, Sulawesi Selatan
19 Nov 2019
Dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik melalui evaluasi kinerja aplikasi layanan aduan baruga laporsp4n kementerian Menpan-RB melakukan penilaian layanan aduan publik secara nasional dalam tahun 2019 dengan melibatkan peserta sekitar 600 instansi pemerintah pusat, provinsi dan seluruh kabko seluruh indonesia.
Pengumuman menteri PAN-RB melalui keputusan nomor 310 tahun 2019 tentang kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik diputuskan baruga lapor sp4n sulsel termasuk salah satu yang terbaik dan tembus TOP 30 berada diposisi rangking TOP 11 menyisihkan ratusan instansi pemerintah lainnya.
Selanjutnya akan mengikuti evaluasi berikutnya untuk katagori TOP 10 terbaik, Dihimpun dari Diskominfo-SP Provinsi Sulawesi-Selatan, Selasa,(19/11/2019)
Dalam hal ini, Kadis kominfo-SP Andi Hasdullah mengatakan bahwa telah menerima hasil penilaian menteri PAN-RB, Dimana baruga laporsp4n sulsel masuk TOP 30 tatakelola aduan salah satu terbaik nasional
"Dalam pengumuman itu baruga laporsp4n sulsel tembus TOP 30 bahkan kita berada di urutan TOP 11 setelah kita menyisihkan lebih 500 instansi peserta" Kata Andi Hasdullah
"Sekarang terus dioptimalkan terutama kecepatan tindak lanjut aduan masyarakat yang masuk diaplikasi aduan dapat segera ditindaklanjuti penyelesaiannya", Bebernya
Hasdullah menambahkan bahwa tatakelola aduan baruga sulsel lapor sp4n ini progresnya memang cukup tinggi karena aduan ini berbasis media sosial dan andoid.
"Kita berikan layanan kemudahan, kecepatan dan akurasi dalam menyampaian aduan proses nya hanya butuh 15 menit saja aduan itu sudah sampai ke instansi berwenang untuk penyelesaiannya, saat ini admin baruga lapor ada di opd prov, kabko" Lanjut Hasdullah
"Bahkan sudah tembus sekitar pada angka 600 intansi yang tersambung dengan baruga lapor ini dan posisi diskominfo-sp sulsel ikut terus kontrol tindak lanjut aduan yang masuk baik itu menyangkut kewenangan pusat, provinsi maupun kabko", Jelas Hasdullah
Termasuk kata Dia, Sosialisasi aplikasi baruga lapor terus diintensifkan ada sosialisasi goes to campus, bintek dengan berbagai komunitas, brosur, iklan radio dan berbagai canal yang lain intinya adalah kita berharap seluruh kalangan masyarakat sulsel tau dan dapat manfaatkan aplikasi aduan ini sehingga secara nyata masyarakat dilayani dengan cepat atas berbagai masalah publik yang butuhkan, hadir pemerintah untuk mengsolusi dan memberikan layanan prima kepada rakyat.
Hasdullah berharap kehadiran aplikasi aduan baruga sulsel lapor sp4n dapat dirasakan manfaatnya dan menjadi penyambung lidah rakyat kepada pemprov sulsel yang makin mendekatkan pemerintah dan rakyat sulsel- selanjutnya hasdullah optimis pengeloloan aduan publik sulsel bisa tembus masuk TOP10 terbaik nasional.
Menurutnya, Gubernur Sulawesi Selatan Prof.DR.HM Nurdin Abdullah, M.agr, Beserta jajarannya diberbagai forum selalu menyampaikan agar masyarakat memanfaatkan baruga sulsel untuk melaporkan atau mengadu dan menyampaikan aspirasi nya karena aplikasi aduan ini kita tidak mau hanya sebagai media tempat curhat tapi menjadi media solutif dan seluruh aduan pasti diperhatikan untuk ditindaklanjuti dalam rangka peningkatan kualitas layana publik disulsel.