Apel Kehormatan dan Renungan HUT ke-75 RI

publish pada 17 Aug 2020

MAKASSAR -- Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. H. M. Nurdin Abdullah menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci Dalam Rangka Peringatan HUT Ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan Makassar, Minggu malam, 16 Agustus 2020. 

Pada acara ini Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Upacara diawali penghormatan arwah pahlawan dengan hormat senjata dan pembacaan naskah renungan. 

Andi Ina mengatakan bahwa kehadiran para peserta sebagai bentuk untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur. Anggota TNI-Polri sebanyak 1.711 orang, Pegawai Negeri Sipil (PNS) 71 orang, Pejuang Rakyat 284 orang dan Pahlawan Tak Dikenal 16 orang. 

"Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula. Dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan bagi kami juga, kami berdoa arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan tempat yang sewajarnya," ucap Andi Ina Kartika Sari. 

Acara yang berlangsung hikmat selama 25 menit itu diselimuti suasana haru dengan menyalakan lampu obor sebagai tanda perjuangan para pahlawan nasional Indonesia. 

Kegelapan malam yang dihiasi lampu obor tersebut berlangsung hening. Apel tersebut diikuti pasukan baik dari TNI, Polri maupun dari ASN lingkup Pemprov Sulsel dan Kota Makassar. 

Gubernur Sulsel, menyebutkan bahwa Peringatan HUT RI Indonesia diperingati sebagai puncak dari seluruh perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. 

"Merupakan puncak perjuangan seluruh rakyat Indonesia dalam merebutk kemerdekaan negara yabg kita cintai. Oleh karena itu, momentum ini hendaknya dijadikan landasan semangat juang yang tinggi. Walaupun bangsa kita tengah dilanda berbagai ujian seperti pandemi Covid-19," sebut Nurdin. 

Hadir pula pada acara tersebut, Wakil Gubernur Sulsel, Ketua DPRD Sulsel, Kapolda Sulsel, Kejati Sulselbar, Pangdam XIV Hasanuddin Makassar dan jajaran TNI, Polri serta Aparatur Sipil Negara (ASN).(*)