Amson Padolo Terima Kunjungan Wakil Ketua I DPRD dan Kadis Kominfo Barru

publish pada 08 Mar 2021

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan (Kominfo-SP Sulsel), Amson Padolo menerima kunjungan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barru, Kamil Ruddin dan Kadis Kominfo Kabupaten Barru, Syamsuddin di Toraja Room, Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Senin, 8 Februari 2021.

Kunjungan tersebut dalam rangka mencari solusi terkait penanganan daerah yang tidak tercover sinyal komunikasi (blank spot) di Kabupaten Barru.

Syamsuddin menyampaikan bahwa saat ini baru 2 titik dari total 12 titik blank spot di Kabupaten Barru yang telah ditangani.

"Yang terealisasi ada 2, yaitu di tahun 2018 dan 2020 kemarin, sementara yang lainnya ini kami harapkan dapat menjadi perhatian dan prioritas bagi pemerintah provinsi untuk secara bertahap dapat dibantu penanganannya. Apalagi rencananya di tahun ini Kabupaten Barru masuk menjadi salah satu pilot project untuk desa digital", katanya.

Ditambahkannya lagi, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Barru untuk mengatasi masalah blank spot tersebut, namun masih menemui kendala.

"Sambil menunggu berjalannya program dari pemerintah provinsi, sebenarnya ada empat titik blank spot yang rencananya kami akan buat tower, khususnya lokasi destinasi wisata di Kabupaten Barru. Namun karena adanya berbagai keterbatasan sehingga belum dapat terealisasi", tambahnya.

Merespon masalah blank spot tersebut, Amson Padolo akan berupaya mengajukan permohonan kepada pihak provider untuk dapat ditindaklanjuti.

"Jadi kami nanti akan minta data terkait lokasi 10 titik blank spot tersebut, termasuk kondisi geografisnya dan ketersediaan jaringan yang dekat dari lokasi. Karena nantinya hal-hal tersebut akan ditanyakan saat berhubungan dengan mereka", jelasnya.

Amson Padolo juga berharap pihak provider dapat segera membantu mengatasi masalah blank spot di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Barru.

"Kita berharap dapat segera menemui pihak provider untuk duduk kembali membicarakan masalah itu. Apalagi Kabupaten Barru ini kan dekat dengan kota, jadi saya kira akan relatif lebih mudah untuk mengatasi masalah blank spot di sana", tutupnya.